GuidePedia

0

Benarkah Tsunami Cile Akan Landa 19 Provinsi di Inonesia?  Berikut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan tsunami yang terjadi akibat gempa besar di Cile berpotensi sampai ke Indonesia. Warga di sekitar pesisir pantai diminta untuk selalu waspada dan berhati-hati.

Indonesia Tsunami Early Warning Centeri di Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini tsunami yang akan melanda beberapa wilayah di Indonesia. Peringatan dikeluarkan berdasarkan analisis penjalaran tsunami. BMKG telah menyampaikan peringatan dini tsunami tersebut kepada Posko BNPB.

Ada 115 lokasi di kabupaten/kota dari 19 provinsi di Indonesia akan berpotensi terjadi tsunami. "Tinggi potensi tsunami 0-0,5 mter," bunyi peringatan yang disebarkan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan, Rabu, 2 April 2014.

Waktu kedatangan tsunami diperkirakan terjadi pada Kamis, 3 April 2014 pukul 05.11 WIB hingga pukul 19.44 WIB dengan status peringatan Waspada. "Artinya, pemerintah daerah Provinsi/Kabupaten/Kota yang berada pada status Waspada diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai di sekitar pantai," katanya. Waktu tiba glombang, lanjutnya, dapat berbeda, dan gelombang pertama bisa saja bukan yang terbesar.

Daerah di pesisir di Provinsi Papua seperti Kota Jayapura, Jayapura, Sarmi, Waropen, Biak Numfor, dan Supiori diperkirakan akan berpotensi terjadi tsunami pada pukul 05.11 hingga 05.51 WIB. Demikian pula daerah lain seperti di Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Banten, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bali, Sulawesi dan Kalimantan Timur juga berpotensi tsunami dengan tinggi 0-0,5 meter dengan waktu bervariasi.

Kepala BNPB, Syamsul Maarif, telah memerintahkan agar peringatan dini tersebut disampaikan kepada masyarakat dan BPBD. Masyarakat dihimbau tetap tenang dan selalu waspada. "Belum perlu ada pengungsian."

Gempa bumi besar berskala 8,2 Skala Richter pada kedalaman 10 kilometer di pantai utara Cile atau 240 Barat laut Bombay India pada Rabu pukul 06.46 WIB telah menimbulkan tsunami setinggi 1,92 meter. Gelombang tsunami melanda wilayah pesisir Cili, Peru, Ekuador, Kolombia, Panama, Kosta Rika dan Nikaragua. Gempa dan tsunami di CIle telah menimbulkan kerusakan bangunan dan korban jiwa.

Sumber : tempo.co

Post a Comment

Terimkasih anda telah Mendukung Keadilan dan Kebenaran

detik59.com hadir karena Jujur itu Wajib dan Bohong itu Dosa! Berjuang untuk keadilan dan kebenaran itu Wajib, Meninggalkan medan perang melawan tirani kebohongan adalah Haram!!!

Salam Sukses
ayi.okey@gmail.com CEO www.pesantrenbisnis.com

 
Top