GuidePedia

Serial 6 Tips Sukses & Bahagia dari nur (Khodijah) hayati Pendiri Asosiasi Pengusaha Wanita Mandiri Indonesia (APWMI) Part 3

Tips Ke 4 : Kaya dan Bahagia dengan Sedekah

Kamu ingin Sukses dan Bahagia ? dan Mengapa sedekah bisa menjadi sarana hamba Alloh bisa meraih sukses dan bahagia dunia akhirat ?

Pastinya semua orang ingin sukses dan bahagia, namun apakah semua orang mau membayar proses meraihnya dengan berbagai ujian, rintangan dan pengorbanan ?

Salah satu bentuk pengorbanan yang diperintahkan Alloh dan Rasulnya agar kita bisa Sukses dan Bahagia adalah dengan cara banyak bersedekah, baik dalam keadaan lapang ataupun sempit.

Firman Alloh SWT yang artinya : "(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Ali Imran ayat 134)

Sedekah adalah perintah Alloh SWT dan Rosulnya, jadi siapapun yang melaksanakan perintah Alloh SWT maka akan dijamin kehidupannya oleh Sang Pemilik Kesuksesan dan Kebahagian.

“Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim.” (QS Al Baqarah 2 ayat 254).

Inilah yang difahami dan dijalankan Nur selama ini, bahwa disetiap harta kita ada hak orang lain yang harus diberikan dan dibersihkan. Kesadaran Nur ini berawal dari berbagai Kegagalan dan kesusahan yang pernah dialami Nur dan Keluarga besaranya, khususnya saat ibunda Nur sakit komplikasi Deabetes. Harta yang Alloh titipkan kepada keluarganya nyaris tak tersisa sedikitpun, karenanya Nur mengambil hikmah bahwa harta adalah titipan Alloh yang akan diberikan atau diambil kapan saja oleh Alloh Sang Pemilik Segala kekayaan.

“Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka, orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya mendapatkan pahala yang besar.” (QS. alHadiid:7).

Sejak itulah, Nur mulai lebih sadar bahwa sebagai hamba Alloh dia harus senantiasa mau dan mampu berbagi kepada yang membutuhkan. Dengan menolong sesama maka pastinya Alloh menjamin akan menolong hamba tersebut.

Hal ini dijelaskan pula oleh baginda Nabi Muhammad SAW ““Allah senantiasa menolong hamba selama ia menolong saudaranya.” (HR. Muslim no. 2699).”

Nur juga memotivasi dirinya dan kita semua, agar selalu yakin bahwa harta yang disedekahkan tidak akan berkurang, malah akan dilipat gandakan oleh Alloh SWT.

Rosululloh SAW Bersabda : “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya” (HR. Muslim No. 2588)

Firman Alloh yang artinya : “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.” (QS Al Baqarah ayat 261)

Bersedekah juga mampu membawa keberkahan dalam hidup seseorang, baik dalam hal rezeki, kesehatan, dan juga kebahagiaan. Meskipun sedekah dianggap memberikan sedikit apa yang kita miliki, namun hal tersebut justru menjadi ladang keberkahan bagi hidup kita semua.Bahkan Sedekah dapat menghapus dosa kita semua

Rosululloh Bersabda : "Sedekah itu dapat memadamkan kesalahan, sebagaimana sebongkah es yang meleleh di atas batu karang” (HR. Ibnu Hibban No. 5567. Hadis sahih).

Sedekah dijamin Alloh SWT akan mendatangkan pertolongan dan mampu menjadi pelindung kita dari bala ataupun musibah. Rasulullah SAW bersabda “Shodaqoh itu dapat menolak bencana yang ditakdirkan.” (HR. Tirmidzi).

Kamu Mau Kaya dan bahagia ? Ayo kita Mulai Bersedekah mulai saat ini.

Bersambung : Part 4 dari 6 Tips Sukes & Bahagia dari nur Khodijah hayati Pendiri Asosiasi Pengusaha Wanita Mandiri Indonesia (APWMI)
 
Top