GuidePedia

0
surah ini dinamakan dengan surah al-Maidah yang berarti hidangan, karena di dalam surah al-Maidah memuat serangkaian kisah para pengikut nabiyullah Isa Alaihis Salaam yang meminta kepada nabiyullah Isa alaihis Salaam agar Allah menurunkan hidangan dari langit kepada mereka.

Selain itu surah al-Maidah ini dinamakan pula dengan nama surah al-Munqidz yang artinya "yang menyelamatkan". Dinamakan demikian karena akhir dari surah al-Maidah ini mengandung serangkaian kisah tentang nabi Isa alaihis salaam yang menjadi penyelamat pengikut setianya dari azab Allah ta'ala

Selain itu surah al-Maidah ini juga dinamakan dengan surah al-Uqud atau perjanjian, karena mengacu pada ayat pertama, yang mana Allah memerintahkan kepada hamba-hambaNya agar memenuhi janji prasetia kepada Allah dan perjanjian-perjanjian yang dibuat dengan sesama manusia lainnya

Surah al-Maidah ini apabila dilihat maka dapat diketahui terdiri dari seratus dua puluh ayat (120 ayat), dan termaasuk ke dalam golongan surah Madaniyah. Walaupun di dalamnya terdapat ayat yang turun di Mekkah, namun ayat yang turun di Mekkah ini diturunkan sesudah nabi Muhammad Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam melakukan hijrah ke Madinah, dan waktu penurunannya ini pada hari dimana beliau melakukan haji wada' atau haji perpisahan

Al-Maidah ayat 51 itu luar biasa.


"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebagian mereka adalah pemimpin bagi sebagian yang lain. Barang siapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Alllah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zhalim.

Ayat2 setelahnya perlu dibaca juga....

Al Maidah 52: "bahwa kita akan melihat kemunculan orang2 munafik yang merapatkan diri justru pada orang yahudi dan nasrani tersebut untuk minta perlindungan. Dan Allâh akan menurunkan putusan-Nya yang membuat orang2 munafik itu menyesal"

Al Maidah 53: "akan makin jelas mana orang beriman, mana orang2 munafik"

Al Maidah 54: "Allâh akan munculkan kaum yang benar2 Allâh mencintainya, dan mereka mencintai Allâh. Bersikap lembut pada mu'minin dan keras pada orang2 kafir. Tidak takut untuk berjihad dan tidak takut dicela"

Saat ini sedang terjadi ayat 52 dan 53
Pengen banget jadi bagian ayat 54..

Siapa yang harus jadi penolong kita?

Perhatikan Al Maidah 55;
Sesungguhnya penolongmu hanyalah Allah, rasulNya, dan orang-orang yang beriman, yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, seraya tunduk (kepada Allah)

Yakinlah dengan Al Maidah 56;

Dan barangsiapa mengambil Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman menjadi penolongnya, maka sesungguhnya pengikut (agama) Allah itulah yang pasti menang!

Perhatikan juga Al Maidah 57:

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil jadi pemimpinmu, orang-orang yang membuat agamamu jadi buah ejekan dan permainan, (yaitu) diantara orang-orang yang telah diberi kitab sebelummu, dan orang-orang yang kafir (orang-orang musyrik). Dan bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang yang beriman.

Maha benar Allah dengan segala firmanNya

Post a comment

Terimkasih anda telah Mendukung Keadilan dan Kebenaran

detik59.com hadir karena Jujur itu Wajib dan Bohong itu Dosa! Berjuang untuk keadilan dan kebenaran itu Wajib, Meninggalkan medan perang melawan tirani kebohongan adalah Haram!!!

Salam Sukses
ayi.okey@gmail.com CEO www.pesantrenbisnis.com

 
Top