GuidePedia

0

Pola Mirip Bom Brussels, Serangan Teror di Bandara Ataturk Istanbul 31 Tewas 147 Terluka

ISTANBUL - Setidaknya 31 orang tewas, 147 luka-luka, dalam tiga bom bunuh diri dan serangan bersenjata di bandara utama Atatürk di Istanbul, dalam serangan mematikan terbaru untuk kota terbesar Turki, Selasa (28/6) malam.

Pengkajian menunjukkan bahwa 3 pelaku bom bunuh diri melakukan serangan di 3 tempat yang berbeda di bandara, kata Gubernur Istanbul Vasip Şahin.

Seorang pejabat kesehatan, berbicara dengan syarat anonim karena pembatasan, mengatakan kepada media bahwa enam terluka berada dalam kondisi kritis.

Ledakan terjadi di pintu masuk ke terminal internasional, terminal penerbangan domestik, dan tempat parkir.

Menteri Kehakiman Bekir Bozdag mengatakan bahwa salah satu teroris menembaki orang dengan senapan otomatis AK-47 dan kemudian meledakkan dirinya.

Turkish Airlines mengumumkan bahwa semua penerbangan dibatalkan di bandara Istanbul sampai 20:00 waktu setempat.

Presiden bertemu dengan Perdana Menteri Binali Yildirim dan Kepala Staf Jenderal Hulusi Akar di kompleks kepresidenan setelah menerima berita tentang ledakan di Istanbul. Perdana Menteri Binali Yildirim, Deputi PM Numan Kurtulmus, Menteri Perhubungan Ahmet Arslan dan Keluarga dan Kebijakan Sosial Menteri Fatma Betul Sayan akan melakukan perjalanan ke Istanbul.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mendesak pihak internasional melakukan "perjuangan bersama" melawan teror setelah serangan itu, yang merupakan pemboman mematikan keempat di Istanbul tahun ini saja.

Menurut seorang pejabat Turki yang berbicara kepada Harian

Sabah pada kondisi anonimitas, pasukan keamanan melepaskan tembakan di tersangka di pintu masuk terminal internasional dalam upaya untuk menetralisir mereka.

Saksi mata mengatakan bahwa mereka melihat sekitar 30 ambulans memasuki bandara. Di antaranya petugas polisi terluka, sedang dipindahkan ke Rumah Sakit Negara Bakirkoy.

Perdana Menteri Binali Yildirim diberi penjelasan oleh Menteri Dalam Negeri Efkan Ala dan Gubernur Istanbul Vasip Şahin dan telah memerintahkan pembentukan crisis desk.

Serangan Bandara Turki juga mengikuti bom bunuh diri yang terkoordinasi di bandara Brussels dan stasiun metro kota Belgia pada Maret yang membuat 32 orang tewas.

Para ahli keamanan mengatakan bahwa ada kesamaan antara serangan bandara Istanbul dan serangan baru-baru di bandara Brussels.

Bandara Brussels menyampaikan belasungkawa, dengan mengatakan melalui twitter: "Our thoughts are with the victims of the attacks at @istanbulairport."

"Kami ingin mereka, keluarga mereka & semua staf bandara diberi kekuatan & keberanian."

Sementara itu, Duta Besar Amerika Serikat untuk Ankara John Bass telah mengirimkan tweet mengutuk serangan itu. "Ngeri serangan malam ini di bandara Ataturk. Kami berduka dengan keluarga korban yang hilang, dan berdoa untuk pemulihan cepat untuk mereka yang terluka," katanya. Sementara itu, Presiden AS Barack Obama juga penjelasan tentang serangan itu.

Tidak ada klaim tanggung jawab serangan.

Sebelumnya 11 orang tewas dalam serangan di pusat kota Istanbul tiga minggu yang lalu. Serangan, yang diklaim oleh PKK berafiliasi Kurdistan Freedom Falcons (TAK), diikuti dua pemboman bunuh diri yang melanda daerah wisata-berat Istanbul tahun ini, yang dilakukan Daesh (ISIS).

Terletak di luar kota terbesar Turki, bandara Atatürk dengan lebih dari 60 juta penumpang pada tahun 2015, menjadikannya salah satu bandara tersibuk di dunia.

Sumber: Serangan Teror BOM di Bandara Ataturk Istanbul Turki adalah serangan kepada Peradaban Islam   Daily Sabah

Post a comment

Terimkasih anda telah Mendukung Keadilan dan Kebenaran

detik59.com hadir karena Jujur itu Wajib dan Bohong itu Dosa! Berjuang untuk keadilan dan kebenaran itu Wajib, Meninggalkan medan perang melawan tirani kebohongan adalah Haram!!!

Salam Sukses
ayi.okey@gmail.com CEO www.pesantrenbisnis.com

 
Top