GuidePedia

0

DUA hari ini, Indonesia dipanaskan dengan demo sopir taksi di Jakarta. Para sopir taksi melakukan demo terhadap jasa transportasi online yang semakin menjamur dan dianggap mengambil kavling rezeki mereka selama ini. Nah, dalam demo yang digelar pada hari Selasa (22/3/2016) itu, ada sosok yang namanya jadi pembicaraan di dunia maya: Presiden Perdamaian. Siapa dia?

Adalah seorang perempuan paruh baya dengan selempang bertuliskan ‘Presiden Perdamaian’ hadir di tengah-tengah aksi demo sopir taksi Perempuan tersebut mengenakan pakaian yang serba heboh dengan warna senada.

Perempuan itu mengenakan kacamata hitam berwarna coklat, jemari tangan dipenuhi cincin akik, serta baju terusan dan tas berwarna coklat. Ia juga mengenakan sebuah topi mirip dengan topi yang digunakan sheriff di serial TV yang juga berwarna coklat. Topi tersebut dilengkapi juga dengan tanda bintang, yang kian menambah penampilannya seperti sheriff.

Dari berbagai sumber, salah satunya adalah tulisan karya Sisca Spencer Hoky, wanita ini bernama asli Rr Herawaty Rinto Paeran. Ia adalah seorang anak veteran perang mantan anggota Tentara Pelajar.

Herwaty terinspirasi oleh siaran radio dari Imam Prasudjo yang selalu ia dengarkan sebelum tidur dan akhirnya mengikuti Forum Indonesia Damai. Ia mulai melancarkan aksi sebagai penegak’ perdamaian pada tahun 2000 saat terjadinya serangan bom Natal.

Herawaty sendiri, dalam esai tulisan Sisca Spencer Hoky, menyatakan bahwa gelar ‘Presiden Perdamaian’ merupakan gelar pemberian dari Tuhan.

Herawaty selalu menjalankan ‘mandat’ yang didapatkannya ini dengan menjaga aksi demo dari aksi anarkis.

Di tahun 2004, ia mengikuti konferensi yang digelar oleh Universal Peace Federation (UPF). Setelah 2 tahun bergabung dengan organisasi yang berdiri di bawah PBB tersebut, ia ditunjuk sebagai Duta Perdamaian dari UPF.

Masih aktif di UPF dan juga pernah memberikan materi kuliah tentang perdamaian di beberapa Universitas di Indonesia karenanya, kesungguhan Herawaty makin terbukti setelah rumah tinggalnya diberi nama Posko Perdamaian. Tak hanya itu, ia juga membuat yayasan bernama Yayasan Perdamaian Universal yang diketuai oleh dirinya sendiri

Tak hanya bertandang ke lokasi demo sopir taksi, Presiden Perdamaian ternyata sudah sering menghadiri aksi demonstrasi sebelumnya. | via: path.com

Bintang.com, Jakarta Di tengah hiruk pikuk para demonstran yang menuntut ditutupnya aplikasi angkutan umum online kepada Menteri Komunikasi dan Informasi, pada Selasa (22/3) kemarin, ada sosok berbeda yang langsung bikin mata siapa pun langsung tertuju padanya. Bagaimana tidak, sosok seorang perempuan berpakaian serba nyentrik berwarna cokelat muncul di tengah para sopir taksi berseragam biru dan putih.

Perempuan dengan tulisan Presiden Perdamaian pada bajunya ini akhirnya menjadi bahan pembicaraan di berbagai media sosial. Masyarakat bertanya-tanya, siapa sebenarnya orang yang mengaku sebagai Presiden Perdamaian? Apa sebenarnya misinya? Apa tujuannya?

Rupanya, perempuan tersebut, tulis Liputan6, bernama Herawaty Rinto Paeran. Dia menyebut dirinya sebagai Presiden Perdamaian sejak 2000. Kepada Liputan6, dia mengatakan sering datang ke tempat-tempat konflik dan aksi demonstrasi. Misinya adalah menegakkan perdamaian di dunia.

"Saya menyerukan perdamaian. Saya sering datang ke tempat-tempat konflik dan acara demonstrasi. Perdamaian di dunia harus ditegakkan. Saya terus menyerukannya di mana-mana," katanya seperti dilansir Liputan6.

Lebih jauh lagi, menurut pantauan media yang sama, perempuan nyentrik ini ternyata seorang putri dari veteran perang. Tumbuh bersama sejarah dan kisah perjuangan ayahnya semasa kecil kala melawan penjajah, membuat Herawaty ingin ikut berjuang menegakkan keadilan.

Herawaty ternyata tidak main-main berjuang demi perdamaian. Media yang sama mengatakan, tahun 2004 dia sempat diundang untuk menghadiri konferensi Universal Peace Federation (UPF) yang digelar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Selain itu, dia juga pernah menghadiri pertemuan duta besar dunia untuk perdamaian dan hal itu dilakukannya hingga saat ini. Buat kamu yang masih penasaran dengan sosoknya yang menginspirasi, berikut ini empat foto sosok Herawaty di lokasi demonstrasi.

Tag : Nah ini Dia Herawaty Rinto Paeran Presiden Perdamaian yang lagi Heboh di Media Sosial : intinya kalau mau dikenal dan dilirik orang jadilah dirimu sendiri walau dianggap berbeda...

Post a Comment

Terimkasih anda telah Mendukung Keadilan dan Kebenaran

detik59.com hadir karena Jujur itu Wajib dan Bohong itu Dosa! Berjuang untuk keadilan dan kebenaran itu Wajib, Meninggalkan medan perang melawan tirani kebohongan adalah Haram!!!

Salam Sukses
ayi.okey@gmail.com CEO www.pesantrenbisnis.com

 
Top