GuidePedia

0
Bangga dan Bahagia, Indonesia bertambah Hebat, Anak Negeri Berprestasi Terbaik di kancah Internasional, Masyaa Alloh Keren n Mantap.

Tahniah untuk Syaikh Dr. SALIM SEGAF ALJUFRI MA, yang didaulat menjadi Ketua Umum Ittihad 'Alami Ulama Muslimin (International Union of Muslim Scolars).

Beliau menggantikan Syaikh Prof. Dr. Ahmad Raisuni. Suatu kebanggaan, ulama Indonesia dipercaya menjadi ketua/presiden organisasi ulama internasional.

Siapakah Syaikh Dr. SALIM SEGAF ALJUFRI MA, yang didaulat menjadi Ketua Umum Ittihad 'Alami Ulama Muslimin (International Union of Muslim Scolars).?

Berbekal doktor agama dari Universitas Islam Madinah mengantarkan Salim Segaf Al-Jufri terjun ke dunia pendidikan dan politik. Mulai dari dosen, dubes, menteri, hingga ketua Majelis Syuro PKS.

Habib Salim Segaf Al-Jufri adalah mantan Menteri Sosial di era Susilo Bambang Yudhoyono dari kader PKS. Namanya menjadi perbincangan hangat setelah digadang-gadang jadi salah satu dari beberapa calon wakil potensial Prabowo Subianto yang akan maju dalam perhelatan Pilpres 2019.

Pria kelahiran Surakarta, 17 Juli 1954 ini bukan lagi orang baru di dunia pemerintahan. Habib Salim pernah didapuk sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi dan Kesultanan Oman sejak 2005 selama 4 tahun.

Setelah itu, pria yang mengemban pendidikan S1 hingga S3 di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi ini diberi amanah sebagai Menteri Sosial periode 2009-2014 Kabinet Indonesia Bersatu II pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebagai seseorang yang berwawasan tinggi, Habib Salim mengabdikan dirinya sebagai dosen pasca sarjana di beberapa universitas salah satunya, UIN Syarif Hidayahtullah. Di kampus tersebut, Ia juga pernah mengajar S1 di jurusan Tafsir-Hadits, Fakultas Ushuluddin.

Suami dari Zaenab Alwi Basri ini pun pernah menjabat sebagai Direktur Syariah Consulting Center dan Direktur Perwakilan WAMY (World Assembly of Muslim Youth) untuk Kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara.

Sempat menduduki posisi Ketua Dewan Syariah PKS, pada tahun 2015 ayah 5 anak ini pun dipercaya sebagai Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera dengan tanggung jawab dapat mempererat ideologi di dalam partai.

Habib Salim adalah cucu dari pejuang pendidikan sekaligus ulama yang berpengaruh di Palu bernama Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri. Ia lebih dikenal dengan sapaan Guru Tua dan dialah pelopor berdirinya Yayasan Al-Khairaat.

Pada tahun 2014, nama Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri bahkan telah digunakan sebagai nama bandara di Palu, Sulawesi Tengah untuk mengenang jasa-jasanya dulu.

Pada tahun 2018, Habib Salim adalah satu dari sembilan calon dari PKS yang akan disandingkan sebagai wakil Prabowo Subianto untuk maju pada pesta demokrasi Pilpres 2019.

Namanya muncul hasil rekomendasi para ulama yang ikut dalam kegiatan Ijtima Ulama yang digelar di Jakarta akhir Juli 2018. Habib Salim pun menyatakan kesiapannya. (AC/DN) (Photo/PKS.Id)

KELUARGA
Iastri : Zaenab Alwi Basri
Anak : 5 anak

PENDIDIKAN
Universitas Islam Madinah, Arab Saudi

KARIER
  • Direktur Syariah Consulting Center
  • Ketua Dewan Syariah PKS
  • Direktur Perwakilan WAMY (World Assembly of Muslim Youth) untuk Kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara
  • Dosen Fakultas Syariah Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA)
  • Dosen di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta
  • Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi dan Kesultanan Oman (2005-2009)
  • Menteri Sosial Indonesia (2009-2014)
  • Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (2015-Sekarang)

(Sumber Profile Dr. SALIM SEGAF ALJUFRI MA, versi. Viva.co.id) 

Al-Habib Dr. H. Salim Segaf Al-Jufri, Lc., M.A. (bahasa Arab: سالم سقاف الجفري‎; lahir 17 Juli 1954) adalah seorang ulama Islam asal Indonesia. Ia merupakan politisi dari Partai Keadilan Sejahtera yang pernah menjabat sebagai Menteri Sosial Indonesia di Kabinet Indonesia Bersatu II pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono sejak 22 Oktober 2009 hingga 20 Oktober 2014. Sebelumnya, Salim diberikan mandat untuk menjadi Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi dan Oman dari 2005 sampai 2009 untuk menggantikan Muhammad Maftuh Basyuni.

Dalam kiprahnya berpolitik, Salim mengemban amanat sebagai Ketua Dewan Syariah dan Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera. Selain itu, ia juga menjabat Direktur Perwakilan Majelis Pemuda Muslim Dunia (bahasa Inggris: World Assembly of Muslim Youth atau WAMY) untuk Kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara dan Direktur Syariah Consulting Center. Salim aktif mengajar di UIN Syarif Hidayatullah, Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Bahasa Arab (LIPIA), dan Dirasat Islamiyah Jakarta.

Ia menyelesaikan pendidikan S1 (1976), S2 (1980) dan S3 (1986) untuk bidang Syariah di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi. (Sumber Profile Dr. SALIM SEGAF ALJUFRI MA, versi Dari Wikipedia bahasa Indonesia)

Post a Comment

Terimkasih anda telah Mendukung Keadilan dan Kebenaran

detik59.com hadir karena Jujur itu Wajib dan Bohong itu Dosa! Berjuang untuk keadilan dan kebenaran itu Wajib, Meninggalkan medan perang melawan tirani kebohongan adalah Haram!!!

Salam Sukses
ayi.okey@gmail.com CEO www.pesantrenbisnis.com

 
Top