GuidePedia

0


Sekelompok peneliti dikabarkan berhasil melakukan pengiriman data tercepat yang pernah dilakukan antara satu transmitter dan receiver. Peneliti tersebut berhasil mengirimkan data dengan kecepatan sampai 1.125 terbits per second.

Adalah para peneliti dari University College London yang berhasil melakukan hal tersebut. Seperti dilansir dari laman Ubergizmo, Jumat (12/2/2016), para peneliti menggunakan teknik pemrosesan beberapa sinyal sekaligus untuk mendapatkan kecepatan yang dicapai.

Dr Robert Maher, selaku Kepala penelitian tersebut, menyebutkan kalau kecepatan yang berhasil dicapai ini jauh melampui rata-rata kecepatan koneksi broadband di Inggris, yakni sekitar 50 ribu kali lebih cepat. Sebagai informasi, kecepatan koneksi di Inggris sendiri rata-rata hanya mencapai 24 megabits per second.

Maher mempermudah gambaran betapa cepatnya koneksi data ini dengan memberikan contoh dalam penggunaan sehari-hari. Maher menggambarkan dengan kecepatan data super cepat ini, seluruh seri Game of Thrones versi HD dapat diunduh hanya dalam waktu satu detik.

Untuk mendapatkan kecepatan transmisi data seperti ini, para peneliti menggunakan 15 saluran berbeda untuk mengirimkan data. Masing-masing saluran memiliki sinyal optik dari panjang gelombang yang berbeda.

Dari situ, semua saluran yang terpisah akan termodulasi dan digabungkan menjadi sinyal tunggal. Saluran hasil penggabungan itulah yang kemudian disebut sebagai 'saluran super'. Seluruh hasil penelitian ini sudah dipublikasikan di jurnal Scientific Reports.

Namun, mengingat teknologi masih dalam tahap penelitian, dapat dipastikan teknologi ini tidak akan hadir dalam waktu dekat. Kendati demikian, para peneliti berencana untuk melakukan uji coba teknologi jaringan ini melalui kabel fiber di sekitar Inggris.

(Wow ini dia Penelitian yang Sukses Kembangkan Kecepatan Internet sampai 1,125 Tbps sumber Liputan6.com, Jakarta - Dam/Ysl)

Post a comment

Terimkasih anda telah Mendukung Keadilan dan Kebenaran

detik59.com hadir karena Jujur itu Wajib dan Bohong itu Dosa! Berjuang untuk keadilan dan kebenaran itu Wajib, Meninggalkan medan perang melawan tirani kebohongan adalah Haram!!!

Salam Sukses
ayi.okey@gmail.com CEO www.pesantrenbisnis.com

 
Top