GuidePedia

0

Sulit untuk menentukan bagaimana baik buruknya sebuah pemerintahan. Lembaga riset Legatum Proseprity Index melakukan sebuah studi yang menentukan negara mana saja yang punya pemerintahan paling buruk di dunia.

Indikator dari penilaiannya mencakup beberapa hal. Pertama adalah apa yang disebut 'governance', untuk menentukan kualitas hidup dan kinerja ekonomi sebuah negara.

Governance mengukur kinerja negara berdasarkan tiga area krusial yakni pemerintahan yang efektif dan transparan, pemilihan yang adil dan partisipasi politik, dan aturan hukum.

Dari variabel tersebut dilihat nilai dari negara-negara yang ada. Legatum, seperti dilansir dari World Atlas, Sabtu (23/1/2016) menilai 25 negara dengan pemerintahan terburuk di dunia.

Korelasi dengan korupsi

Membandingkan daftar negara dengan Indeks Persepi Korupsi atau Corruption Perceptions Index (CPI) 2014, dilihat ada keterkaitan antara keduanya.

Sebanyak 21 negara yang ada dalam daftar juga masuk dalam jajaran 50 daftar CPI. Kemudian 10 negara dengan pemerintahan terburuk dari daftar, 9 di antaranya ada di antara 25 negara paling korup di dunia.

Jelasnya, negara korupsi juga cenderung memiliki persoalan dengan kinerja pemerintah yang buruk. Namun, sulit untuk menentukan hubungan sebab akibat dari kedua poin tersebut, apakah buruk karena banyak korupsi, atau banyak korupsi karena pemerintahnya buruk.

Korelasi lain yang dikaitkan dengan pemerintahan yang buruk adalah konflik. Perang, aksi teror adalah kasus yang serius yang terjadi di 13 dari 25 negara yang ada di dalam daftar. Negara mana saja yang pemerintahannya terburuk di dunia?

Berikut daftar negara dengan pemerintahan paling buruk menurut Legatum yang dikuip dari World Atlas

1. Afghanistan
2. Chad
3. Republik Demokrat Kongo
4. Haiti
5. Venezuela
6. Sudan
7. Guinea
8. Suriah
9. Yaman
10. Zimbabwe
11. Republik Afrika Tengah
12. Irak
13. Republik Kongo
14. Mauritania
15. Liberia
16. Angola
17. Nigeria
18. Cote d'Loivre
19. Togo
20. Kamerun
21. Iran
22. Belarusia
23. Ukrania
24. Pakistan
25. Kyrgystan

(Zul/Ndw) http://bisnis.liputan6.com/ : Fakta dan Nyata Iran termasuk dari 25 Negara dengan Pemerintahan Terburuk Sedunia

Post a Comment

Terimkasih anda telah Mendukung Keadilan dan Kebenaran

detik59.com hadir karena Jujur itu Wajib dan Bohong itu Dosa! Berjuang untuk keadilan dan kebenaran itu Wajib, Meninggalkan medan perang melawan tirani kebohongan adalah Haram!!!

Salam Sukses
ayi.okey@gmail.com CEO www.pesantrenbisnis.com

 
Top