GuidePedia

0
JAKARTA - Lima Kementerian membuat sebuah forum khusus untuk mendorong dan menjaga sektor pariwisata yang berkelanjutan. Lima Kementerian terdiri dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Keuangan.

“Forum Komunikasi ini sangat strategis untuk mencari masukan dalam penyusunan skema Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2015 – 2019 bidang kepariwisataan,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam siaran persnya, Senin (17/3/2014).

Mari menegaskan , selama ini pariwisata telah berhasil tampil sebagai salah satu sektor yang mampu memberikan sumbangan cukup besar dalam perekonomian nasional. Meski secara langsung kontribusi pariwisata terhadap PDB tercatat sekitar 3 persen namun secara tidak langsung melalui multiplier effect yang tinggi sektor ini telah memberikan kontribusi yang lebih tinggi terhadap pembentukan PDB yaitu sekitar 9 persen.

Di bidang ketenagakerjaan, Pariwisata juga telah berhasil menyerap sekitar 10 juta tenaga kerja, sementara sebagai penghasil devisa sektor ini berada di posisi ke 4 dengan capaian 10 miliar dolar AS.

“Angka-angka tersebut menunjukan bahwa sektor pariwisata telah memainkan peranan penting dalam perekonomian Indonesia,” kata Mari.

Sejalan dengan perkembangan struktur perekonomian Indonesia yang makin mengarah ke sektor jasa-jasa, peran sektor pariwisata ke depan akan semakin penting. Namun di balik itu, tantangan yang dihadapi juga semakin besar, terkait dengan tuntutan amanat UU Pariwisata Tahun 2009, target pengurangan emisi CO2 dalam rencana aksi nasional perubahan iklim dan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

5 Kementerian Kembangkan Pariwisata Berkelanjutan.TRIBUNNEWS.COM

Post a comment

Terimkasih anda telah Mendukung Keadilan dan Kebenaran

detik59.com hadir karena Jujur itu Wajib dan Bohong itu Dosa! Berjuang untuk keadilan dan kebenaran itu Wajib, Meninggalkan medan perang melawan tirani kebohongan adalah Haram!!!

Salam Sukses
ayi.okey@gmail.com CEO www.pesantrenbisnis.com

 
Top