GuidePedia

1
http://www.detik59.com/
Badan Narkotika Nasional (BNN) menjadikan bulan Juni sebagai momentum bulan keprihatinan korban narkoba. Peringatan ini digelar karena prihatin atas banyaknya jumlah korban penyalahgunaan narkoba yang meninggal dunia. Berdasarkan data BNN, tercatat 40 pemakai narkoba meninggal dunia.
"Tiap hari ada 40 orang yang meninggal dunia dengan sia-sia karena narkoba. Tidak terhitung pula mereka yang putus sekolah, dan tidak terhitung berapa banyak yang menjadi gila," kata Kepala BNN Komjen Pol Anang Iskandar saat apel peringatan bulan keprihatinan korban narkoba. di Lapangan Mabes Polri, Jakarta Selatan, Sabtu (1/6/2013).

Dia menjelaskan, peredaran narkoba di Indonesia sudah termasuk dalam kategori mengkhawatirkan. Setidaknya ada 4 juta korban penyalahgunaan narkoba di Indonesia, dan hanya sekitar 18 ribu yang direhabilitasi atau sekitar 0,47 persen dari total korban penyalahgunaan narkoba.

"Penyebab kecilnya orang-orang yang pemakai narkoba yang direhabilitasi disebabkan 2 hal utama yang saling berhubungan. Yakni, jenis narkoba yang berkembang terus, dan aparat lebih memilih pengguna narkoba untuk dipidana daripada direhabilitasi," tutur Anang.

Sekarang, sambung dia, sudah ditemukan 251 jenis narkoba baru di dunia yang dibuat untuk menghindari hukum di tiap negara. Lalu penyalahgunaan narkoba dalam UU 35/2009 belum berjalan, di mana penegak hukum lebih memilih mempidanakan daripada rehabilitasi.

Ditegaskan dia, rehabilitasi terhadap korban penyalahgunaan narkoba perlu dilakukan agar angka pengguna penyalahgunaan narkoba menurun.

Turut hadir dalam apel peringatan bulan narkoba yakni, Wakapolri Komjen Pol Nanan Soekarna dan Kepala BNN Komjen Pol Anang Iskandar. Tampak pula sejumlah tokoh masyarakat seperti Pong Hardjatmo dan Indro Warkop. 

:Liputan6.com, Jakarta 

Post a Comment

Terimkasih anda telah Mendukung Keadilan dan Kebenaran

detik59.com hadir karena Jujur itu Wajib dan Bohong itu Dosa! Berjuang untuk keadilan dan kebenaran itu Wajib, Meninggalkan medan perang melawan tirani kebohongan adalah Haram!!!

Salam Sukses
ayi.okey@gmail.com CEO www.pesantrenbisnis.com

 
Top