SELAMAT DATANG DI ZONA PERJUANGAN MEMBELA KEJUJURAN DAN MELAWAN KEBOHONGAN MEDIA SEKULER SERTA SIAP SIAGA MENUMBANGKAN ENGKHIANAT BANGSA

Sabtu, 08 Juni 2013

3 Alasan Mengapa KPK tidak dapat dipercaya lagi, ini pendapat Prof ROMLI ATMASASMITA Pembuat UU TPPU KPK


Berikut Cuplikan Pendapat tentang KPK yang disampaiakan Prof ROMLI ATMASASMITA  Guru Besar Emeritus Universitas Padjadjaran (Unpad)

Dalam praktik penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan pengadilan tipikor, tampak praktik hukum yang masih memperlihatkan kecerobohan dan kesewenang-wenangan.

Pertama, kebiasaan penyusunan surat dakwaan yang mencantumkan status terdakwa dalam konteks penerapan Pasal 55 KUHP tanpa terlebih dulu penetapan sebagai tersangka bahkan tidak pernah diperiksa sebagai tersangka. Cara ini jelas merupakan pelanggaran hak asasi yang bersangkutan dan potensial digugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara dan gugatan perbuatan melawan hukum (PMH).

Kedua, konten hasil BAP yang tersebar luas di majalah dan koran tertentu yang melanggar prinsip praduga tak bersalah dan sekaligus melanggar ketentuan UU TPPU sebagai lex specialis dalam sistem hukum pidana Indonesia.

Ketiga, pembentukan opini publik via pers bebas dalam perkara tipikor saat ini telah melampaui batas kepatutan dan kesusilaan. Karena dikesankan seseorang tersangka kasus korupsi secara sosial telah dianggap bersalah dan dalam keadaan sedemikian sangat sulit bagi pengadilan untuk melaksanakan prinsip fair and impartial trial.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimkasih anda telah Mendukung Keadilan dan Kebenaran

detik59.com hadir karena Jujur itu Wajib dan Bohong itu Dosa! Berjuang untuk keadilan dan kebenaran itu Wajib, Meninggalkan medan perang melawan tirani kebohongan adalah Haram!!!

Salam Sukses
ayi.okey@gmail.com CEO www.pesantrenbisnis.com

Fakta Usaha Halal dan BIsnis Berkah Info Anda