GuidePedia

0


Siapa Sosok Oded Muhammad Danial itu ?

Nama Lengkapnya adalah Oded Muhammad Danial, dengan nama Panggilan Mang Oded Lahir di Tasikmalaya, 15 November 1962 dengan nama Istri: Siti Muntamah, yang dikarunia Anak –anak bernama : Nurul Syifa, Zulfa Annida, Shofura Istifa, Aisyah Nurrahmah, Mufidah Ramadhanti, Fatimah Azzahra, dan Khadijah Qonita Aulia.

Karir di Partai Politik : Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai ketua MPW DPW Jawa Barat. Pendidikan Oded Muhammad Danial , dimulai dari SD Lengkong (1969-1975) ST Negeri 1 Tasikmalaya (1975-1978) STM Negeri Tasikmalaya (1978-1982). Universitas Pasundan (2014-2017).

Karier profesional dan politik Industri Pesawat Terbang Nasional/IPTN (sekarang PT Dirgantara Indonesia/PT DI) 1983-1999. Anggota DPRD Kota Bandung periode 2004-2008 dan 2008-2013 Ketua Fraksi PKS di DPRD Kota Bandung. Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) PKS Kota Bandung periode 2005-2010 Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Bandung periode 2010-2015. Wakil Wali Kota Bandung 2013-2018 Wali Kota Bandung 2018-2023
 

Terobosan Selama menjabat sebagai Wali Kota Bandung, 

Mang Oded telah melakukan banyak terobosan hingga raih 348 penghargaan baik tingkat nasional maupun internasional diraih Kota Bandung. 

Berikut beberapa terobosan selama Oded menjabat: Reformasi tata kelola pelayanan publik Pembangunan berbasis kewilayahan melalui Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) Penguatan peran RW Peningkatan kualitas dan kuantitas layanan pendidikan dan kesehatan masyarakat secara mudah dan gratis. 

Kegiatan di luar pemerintah dan politik Selain aktif di dunia politik, Mang Oded pun aktif berdakwah. Meskipun telah menjadi Wali Kota, Mang Oded tetap mengunjungi masjid-masjid untuk melaksanakan shalat subuh dan shalat Jumat berjamaah. Usai shalat, biasanya Mang Oded melanjutkannya dengan acara ngabandungan, yaitu mendengarkan aspirasi dan masukan dari warga tentang berbagai hal. 

Aktivitasnya baik di dunia dakwah maupun politik, tak lepas dari dukungan sang istri, Siti Muntamah. Tak jarang sang istri yang lebih dikenal dengan panggilan Umi Oded menyertainya dalam kegiatan dakwah maupun pemerintahan.

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Berita duka kembali menghampiri, Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia, Jumat (10/11/2021) ini.

Mang Oded, demikian dia akrab disapa, meninggal dunia saat hendak naik mimbar menjadi khatib salat Jumat di Masjid Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung. Ia terjatuh saat beberapa langkah menuju mimbar. Sempat dibawa ke Masjid Muhammadiyah Bandung dan kemudian dokter menyatakan Mang Oded telah tiada.

Kematian yang Indah di Juma’ah Penuh Berkah

Sungguh Kematian Mang Oded barusan akan membuat iri tiap jiwa yang beriman, semua akan berharap dimatikan seperti itu. Seseorang akan dimatikan sesuai kebiasaannya. Beliau adalah da'i sebelum menjadi wali kota.

Wafatnya Mang Oded ketika menjalankan ibadah wajib, shalat Jum'at, hendak berkhutbah, di masjid dan di hari Jum'at. Siapa yang nggak iri coba?

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

" مَنْ مَاتَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ وُقِيَ فِتْنَةَ الْقَبْرِ "

“Siapa yang mati di hari atau malam Jum’at niscaya akan diselamatkan dari fitnah kubur.”(Musnad Ahmad, no. 7050).

Pelajarannya: Biasakan berbuat baik, niscaya seseorang akan dimatikan sesuai kebiasaannya. Biasakan senantiasa berada dan cinta dengan masjid biar bisa dimatikan di dalam masjid. Biasakan memperbanyak amal ibadah di hari Jum'at melebihi hari lain biar mati juga di hari Jum'at.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

يُبعَثُ كُلُّ عَبْدٍ عَلَى مَا مَاتَ عَلَيْهِ

“Setiap orang akan dibangkitkan sesuai kematiannya.” (HR. Muslim)

Terbayang beliau dibangkitkan di hari kiamat dalam kondisi siap berkhutbah, menjalankan ibadah wajib sebagai bentuk dakwah wajib apalagi sesuai kapasitasnya sebagai pimpinan, dan ditambah lagi wafat di hari jumat yang dalam hadits lain disebutkan oleh Rasulullah SAW sebagai tanda husnul khotimah.

Berikut 16 tanda-tanda meninggal dunia dalam keadaan husnul khotimah berdasarkan hadits Rasulullah yang dirangkum Galamedia dari berbagai sumber.

1. Meninggal dengan mengucapkan syahadat ( HR.Abu Daud ).
2. Meninggal dalam keadaan sedang berkeringat ( HR. Tirmidzi ).
3. Meninggal pada waktu siang / malam pada Jumat ( HR.Tirmidzi).
4. Meninggal dengan keadaan mati Syahid atau terbunuh di medan perang di jalan Allah SWT ( QS. 3: 169-171 ).
5. Meninggal dijalan Allah SWT ( HR. Muslim )
6. Meninggal karna penyakit radang selaput dada ( HR. Ahmad ).
7. Meninggal karena penyakit tha'un ( HR. Bukhari ).
8. Meninggal karena sakit perut ( HR. Muslim ).
9. Meninggal karena tertimpa reruntuhan ( HR. BUKHARI dan Muslim ).
10. Meninggal karena kehamilan disebabkan anak yang sedang dikandungnya ( HR. Ahmad ).
11. Meninggal karena membela agama atau nyawa ( HR. Bukhari ).
12. Meninggal karena membela harta di jalan Allah SWT ( HR. Abu Daud ).
13. Meninggal karena terjangkit TBC ( HR. Ath Thabrani ).
14. Meninggal karena sedang berjaga di jalan Allah SWT. ( HR. Muslim ).
15. Meninggal saat sedang beramal shaleh ( HR. Ahmad ).
16. Meninggal karena terbakar api ( HR. Ahmad ).

Selamat jalan Mang Oded Semoga Husnul Khotimah dan Semoga Kita dapat berjumpa di Istana Surga Firdaus.

tag : Viral Sejagat Berita Oded Muhammad Danial Sang Wali Kota Bandung yang Wafat Menjelang Naik Mimbar Khutbah Juma'at. 

Post a Comment

Terimkasih anda telah Mendukung Keadilan dan Kebenaran

detik59.com hadir karena Jujur itu Wajib dan Bohong itu Dosa! Berjuang untuk keadilan dan kebenaran itu Wajib, Meninggalkan medan perang melawan tirani kebohongan adalah Haram!!!

Salam Sukses
ayi.okey@gmail.com CEO www.pesantrenbisnis.com

 
Top