GuidePedia

0
VIVAlife - Berbicara kampanye kesehatan kewaspadaan akan penyakit kanker, jantung, serta diabetes, kerap kali jadi topik utama di media massa. Ginjal, terkadang luput dari perhatian. Padahal, menjaga kesehatan ginjal tak kalah penting.

Kendati kecil, ginjal merupakan organ yang penting guna menyaring racun dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urin.

Sayangnya, masyarakat perkotaan sekarang ini seringkali tidak menyadari gaya hidup mereka bisa meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal, atau lebih parah lagi, penyakit ginjal kronis.

Adapun, batu ginjal terbentuk akibat adanya penumpukan mineral dalam urin yang berubah menjadi kristal dan menghambat kerja ginjal menyaring racun. Selain itu, batu ginjal juga menyebabkan rasa nyeri yang cukup hebat.
Sebenarnya, menjaga kesehatan ginjal cukup mudah. Cukup dengan menjalani gaya hidup sehat dengan pola makan kaya nutrisi, serta olahraga teratur. Satu catatan penting, minum cukup air adalah kunci menjaga kesehatan ginjal, apalagi bila Anda sering berolahraga.

Berikut merupakan cara menjaga kesehatan ginjal dengan makanan, seperti dilansir laman Healthy Eating:

Cara Usir Batu Ginjal dengan Air

Berkaitan dengan fungsinya menyaring racun, ginjal butuh asupan air yang banyak untuk membuatnya tetap berfungsi normal. Menjaga tubuh, agar tetap terhidrasi adalah kunci penting menjaga kesehatan ginjal. Air putih, tentu saja adalah opsi terbaik. Namun, jika bosan, bisa diselingi dengan jus buah, wedang jahe, maupun teh. Seringlah memeriksa warna urin Anda, bila berwarna pekat, tandanya tubuh Anda kurang cairan.

Cara Usir Batu Ginjal dengan  Sayur dan buah

Selain air, sayur dan buah yang banyak mengandung air juga baik dalam menjaga kesehatan ginjal. Beberapa buah yang disarankan adalah anggur, blueberi, juga cranberi. Sedangkan sayuran yang baik untuk ginjal adalah bayam, seledri, bit, kacang panjang, dan asparagus.

Cara Usir Batu Ginjal dengan  mengurangi Potasium


Salah satu tugas ginjal adalah menjaga kadar potasium dalam tubuh. Jadi, agar ginjal tetap terjaga kesehatannya, Anda harus waspada terhadap asupan potasium. Sebab, jika kadar potasium yang masuk ke ginjal terlalu banyak, Anda rentan mendapat stroke, atau serangan jantung. Sebab itu, perbanyak makanan rendah potasium seperti apel, jagung, terong, pir, serta oyong. 


Cara Usir Batu Ginjal dengan menambah asupan Zat besi

Kontras dengan potasium, ginjal justru perlu zat besi, agar tetap berfungsi optimal. Makanan kaya zat besi layaknya sayuran hijau dan telur bisa meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh. (asp)

Cara Usir Batu Ginjal dengan Makanan sumber https://id.berita.yahoo.com/usir-batu-ginjal-dengan-makanan-033011737.html

Post a Comment

Terimkasih anda telah Mendukung Keadilan dan Kebenaran

detik59.com hadir karena Jujur itu Wajib dan Bohong itu Dosa! Berjuang untuk keadilan dan kebenaran itu Wajib, Meninggalkan medan perang melawan tirani kebohongan adalah Haram!!!

Salam Sukses
ayi.okey@gmail.com CEO www.pesantrenbisnis.com

 
Top