GuidePedia

0

INILAHCOM, Jakarta - Foto-foto yang menampilkan saat Gunung Kelud meletus pada Kamis (13/2/2014) malam lalu, menarik perhatian masyarakat. Salah satu foto yang mendapatkan perhatian besar adalah, foto yang menampilkan petir menyambar diatas Gunung Kelud yang tengah mengeluarkan lava.

Ketua Umum Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Rovicky Dwi Putrohari mengatakan ada penjelasan ilmiah atas fenomena itu. Bahkan menurutnya adanya petir menyambar diatas gunung yang meletus adalah hal yang biasa terjadi. Hal tersebut karena adanya gaya elektrostatik, yaitu sebuah daya tarik-menarik antara muatan negatif elektron dan muatan positif inti atom.

"Petir merupakan gejala elektrostatik, gejala ini dikenal juga dengan fenomena petir dan hal ini dapat terjadi akibat elektron akan bermuatan negatif sehingga elektron ini akan menempati sesuai dengan kelompoknya. Muatan yang berbeda akan saling tarik-menarik dan muatan yang tidak sejenis akan tolak menolak," jelasnya.

Ia menjelaskan, salah satu cara untuk membuat sebuah benda bermuatan listrik statis adalah dengan menggesek-gesekkan dua benda yang tidak bersifat konduktif (bukan logam) dengan cara searah. Dengan demikian akan terjadi polarisasi yang terjadi disekitar letusan gunung api.

"Ini adalah pergeseran atau gesekan antara material yang keluar dari lubang semburan Material berupa pasir, serta kerikil dan debu ini saling bergesekan juga dengan dinding ketika keluar dari dalam tanah sana. Artinya terjadi gesekan searah dari bawah ke atas," jelasnya.

Rovicky melanjutkan, walaupun di dalam sana alirannya bukan mulus (laminer) bahkan kemungkinan besar turbulens. Tetapi secara menyeluruh merupakan gerakan ke satu arah ke atas.

"Di sinilah menyebabkan material-material yang keluar dari kawah gunungapi ketika meletus ini akan memilki muatan listrik statis yang menyebabkan terjadinya petir dan rambut berdiri," ujarnya.

ia menambahkan, perbedaan antara petir yang terjadi di gunung dengan petir yang terjadi saat hujan adalah, beda pada materialnya.

"Saat hujan yang menyebabkan elektrostatis adalah gesekan pada air, sedangkan petir pada gunung gesekan ini terjadi akibat dari gesekan material abu vulkanik yang keluar dari semburan gunung dan jumlahnya lebih besar," tandasnya.[bay]

Post a Comment

Terimkasih anda telah Mendukung Keadilan dan Kebenaran

detik59.com hadir karena Jujur itu Wajib dan Bohong itu Dosa! Berjuang untuk keadilan dan kebenaran itu Wajib, Meninggalkan medan perang melawan tirani kebohongan adalah Haram!!!

Salam Sukses
ayi.okey@gmail.com CEO www.pesantrenbisnis.com

 
Top