GuidePedia

0
PERDANA Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Selasa ini (20/8/2013) menuduh Israel berada di balik kudeta militer terhadap presiden Mesir Muhammad Mursi bulan lalu.
“Apa yang mereka katakan tentang Mesir: Demokrasi bukanlah kotak suara. Siapa di belakang ini? Israel,” tegas Erdogan, seorang kritikus vokal negara Yahudi, dan pemimpin Turki yang berasal dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berakar Islam.
“Kami memiliki bukti,” ujarnya, mengutip apa yang dia katakan adalah pernyataan yang disampaikan oleh menteri kehakiman Israel pda forum di Prancis 2011 lalu di mana ia diduga mengatakan Mursi dari Ikhwanul Muslimin tidak akan mampu untuk tetap berkuasa bahkan jika memenangkan pemilu.
Sikap Turki telah membuat marah pemerintah sementara Mesir yang didukung militer yang bulan lalu menyuarakan kebencian yang kuat atas pernyataan Erdogan yang sangat pro-Mursi.
Turki mengecam penguasa baru Mesir setelah tindakan keras berdarah pekan lalu terhadap pendukung Mursi, bahkan Turki memanggil pulang duta besarnya untuk Kairo, mendorong langkah serupa yang dilakukan oleh Mesir.
Mursi dilantik sebagai pemimpin pertama yang terpilih secara demokratis di Mesir pada bulan Juni 2012, tetapi digulingkan oleh militer bulan lalu dengan dukungan aksi protes warga.
Erdogan dan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) sendiri telah mengembangkan hubungan bersahabat dengan Mursi serta Ikhwanul Muslimin.[fq/islampos/afp]

Post a Comment

Terimkasih anda telah Mendukung Keadilan dan Kebenaran

detik59.com hadir karena Jujur itu Wajib dan Bohong itu Dosa! Berjuang untuk keadilan dan kebenaran itu Wajib, Meninggalkan medan perang melawan tirani kebohongan adalah Haram!!!

Salam Sukses
ayi.okey@gmail.com CEO www.pesantrenbisnis.com

 
Top