GuidePedia

0
Muhammad Hibatul Wafi nama lengkapnya. Ia anak muda Banten yang mendunia, setidaknya di jagad dunia maya. Aktifitasnya menekuni bisnis online boleh dibilang sukses. Dalam usianya yang relatif muda (11 tahun) Wafi telah memiliki penghasilan sendiri dari bisnis online, tanpa modal. Di sekolahnya ia dipercaya sebagai Tim Branding Istana Mulia dan menjadi motor bagi teman-temannya dalam program-program peningkatan dan pengembangan kemampuan IT santri.

Lahir di Kota Depok pada tanggal 14 Maret 2001, putra dari orangtua Iko Musmulyadi (ayah) dan Mia Marina (bunda) ini duduk di bangku kelas 1 Entrepreneur Academy PesantrenBisnis.com SMK IT Istana Mulia. Sekolah dasarnya ia lalui dengan mengecap berbagai macam bentuk dan cita rasa pendidikan, setelah beberapa kali pindah karena mengikuti tugas dinas orangtuanya. Mulai dari sekolah alam di Depok, SD Negeri di kota Pariaman, dan juga SD Islam Terpadu (SDIT). Sewaktu kelas 5 SD melalui program akselerasi ia lompat langsung lanjut ke jenjang SLTP. Pendidikan SMP-nya juga ia lalui di 3 sekolah boarding yang berbeda mulai dari pesantren IT di Sukabumi, Ponpes Tahfidzul Quran di Depok, hingga menamatkan SMP-nya di Istana Mulia.

Latarbelakang pendidikannya yang beragam itu yang membuat ia cukup bergerak dan berfikir dinamis, berkemauan kuat, tak putus asa, pantang menyerah, dan survive. Kesukaannya dengan IT ia tunjukkan dengan nilai 10 diraportnya saat kelas 1 di Ponpes/SMP IT di Sukabumi. Saat itu ia juga pernah menjadi juara 1 mengarang puisi dalam ajang lomba O2SN se-Sukabumi. Ia memang hobi menulis.

Wafi kecil akrab dengan dunia maya sejak kelas 4 SD, dan sudah coba-coba memulai bisnis online di usia 10 tahun. Interaksinya dan ketertarikannya dengan dunia IT/Komputer memang sudah kelihatan sejak kecil, setiap diajak jalan-jalan ke toko buku selalu yang dipilih dan dibelinya buku-buku tentang IT. Padahal itu buku-buku yang biasa dibeli oleh anak kuliahan.

Tahun pertama dan kedua (kelas 4-5 SD) ia mulai mengenal blog, bermula rasa penasarannya dengan segala hal terkait blog ia kemudian mempelajari dan mendalaminya secara otodidak. Tahun ketiga (kelas 1 SMP) Wafi sudah mengerti istilah-istilah dalam blog, dan mulai merumuskan konsep Kampung Blogger Optimized (KBO), namun belum dipublikasikan. Tahun keempat dan kelima (kelas 2-3 SMP) ia sukses menghasilkan Rp 6,5 juta dari bisnis online-nya, itupun dijalaninya tak terlalu serius dan belum fokus. Tapi sekarang, seiring tumbuh kepercayaan dirinya, ia mulai mengenalkan ke publik teknik KBO yang disusunnya, serta mulai fokus menggunakan dan mengembangkan Google Adsense.

Ditengah aktifitasnya menuntut ilmu dan menghafal Quran di pondok pesantren, sesekali ia gunakan waktu bermainnnya dengan berselancar di dunia maya melayani private online para netizen yang berkonsultasi dengannya tentang cara bagaimana mengoptimalkan sosmed promotion. Tak ayal, mengalir uang masuk ke rekeningnya setiap hari antara Rp. 200 ribu hingga Rp 1,5 juta. Pencapaian terbesarnya dalam bisnis online, pernah satu hari hanya dalam waktu 5 jam memanfaatkan waktu senggangnya sukses menghasilkan Rp 1,5 Juta. Bahkan total sudah raup penghasilan hingga lebih dari Rp 16 juta selama mukim di pesantrennya di daerah Anyer. Sebuah pencapaian yang cukup besar bagi remaja seusianya.

Anak pertama dari tujuh bersaudara ini gigih melakukan riset kecil-kecilan di dunia maya, hasilnya dia susun dan kumpulkan dalam e-book sederhana tentang tips, trik, dan kiat memaksimalkan sosmed promotion, kemudian dia tawarkan melalui akun FB-nya, tak disangka banyak netizen yang merespon dan berminat.

Keseharian Kang Wafi, begitu ia ingin disapa, bicaranya selalu yang besar-besar, mulai dari keinginan bisnis ekspor kelapa dari Pariaman ke luar negeri lah, ini dan itulah segala macam keinginan menggebu dia ceritakan ke orangtuanya. Cita-citanya ingin wujudkan penghasilan minimal Rp 1 milyar di usia muda melalui bisnis online. Doktrin dari Ustadz Ayi Muzayini Pendiri dan CEO Istana Mulia nampaknya masuk ke hatinya dan mengena.

Santri yang punya hobi menulis, berenang, futsal, dan travelling ini adalah Presiden BEST (OSIS) 2015-2016. Ia kalau sudah punya keinginan memang tak bisa dibendung, selalu dan selalu cari jalan sampai bisa sampai ketemu. Termasuk dulu mimpinya sewaktu SD kelas 3 ngotot gimana caranya bisa nulis buku dan masuk TV. Dengan semangat dan tekadnya, alhasil dia sukses juga, satu buku KKPK-nya berjudul “Adventure of Snow Ball” diterbitkan oleh penerbit nasional. Juga, dalam bimbingan Pak Irwan rinaldi, bersama artis David Chalid, Wafi pernah main film bareng dalam beberapa episode di TVRI dalam serial film anak Budi dan Kerti. Mimpi berikutnya ingin ia gapai adalah menjadi motivator termuda Indonesia.

Tekad, semangat, dan keyakinan santri anggota KOPASUS (kelompok penghafal Alquran khusus) ini, sangat kuat. Itu yang ditanamkan Ustadz Ayi kepada para santri Istana Mulia. Mimpi dan keyakinannya raih penghasilan Rp 1 milyar di usia muda begitu menggebu dan dia begitu yakin sangat bisa, biidznillah. Terus ikhtiar lejitkan potensi diri, jadi teladan dan terdepan dalam hafalan Quran, ketaatan, ketakwaan, kesantunan, akhlakul karimah, itu semua bekal menjadi Pemimpin Soleh dan Pengusaha Dermawan.

Dengan motto “Yuk jadi internet marketer sholeh...”, disamping potensi dan semangat bisnisnya menguat hafalannya pun terus bertambah, saat ini sudah 6 juz. Semoga menjadi teladan kebaikan dan menular ke santri yang lain.

Dua tahun lalu, ia sebenarnya juga pernah berhasil membuat aplikasi IM chat sederhana, semacam aplikasi Litebig, WA, Line. Aplikasi tersebut sudah sempat dipraktekan dengan saling chatting dengan sesama santri Istana Mulia kelas 8 saat itu, dan berhasil.

Terkait e-book yang dibuatnya, wafi sendiri sudah buatkan Modul Pembelajaran dan Hand Out siap dipresentasikan kepada siapapun para mujahid cyber.

Like and Share, semoga Putra Anda menjadi Pemimpin Sholeh dan Pengusaha Kaya Dermawan....Amiin

Post a comment

Terimkasih anda telah Mendukung Keadilan dan Kebenaran

detik59.com hadir karena Jujur itu Wajib dan Bohong itu Dosa! Berjuang untuk keadilan dan kebenaran itu Wajib, Meninggalkan medan perang melawan tirani kebohongan adalah Haram!!!

Salam Sukses
ayi.okey@gmail.com CEO www.pesantrenbisnis.com

 
Top